Ternyata Masih Banyak Warga Masyarakat yang Belum Tercatat Sebagai Penerima Dana Bansos Pemerintah dan Layak Menerima Program Keluarga Harapan (PKH)

IMG 20220103 WA0008
57 / 100

Ternyata Masih Banyak Warga Masyarakat yang Belum Tercatat Sebagai Penerima Dana Bansos Pemerintah dan Layak Menerima Program Keluarga Harapan (PKH)

Jabar,bakinnews.co.id – Ternyata masih banyak warga masyarakat yang belum tercatat sebagai penerima dana bansos dan layak menerima Program Keluarga Harapan (PKH). Pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) untuk mengurangi dampak COVID-19 pada ekonomi masyarakat rentan miskin seperti Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, bantuan sembako khusus hingga bansos Dana Desa untuk menjaga kebutuhan pangan serta kesehatan.

Program Keluarga Harapan (PKH) dan program Kartu Sembako sebelumnya telah menjadi program prioritas pemerintah dalam APBN 2020 sebagai kebijakan untuk pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan bantuan sembako khusus merupakan program jaring pengaman sosial (JPS) baru.

Teprnyata masih banyak masyarakat disetiap desa yang belum tercatat sebagai penerima dana dana bantuan sosial dari pemerintah, di kecamatan Cibalong khususnya masih ada beberapa warga masyarakat yang mengeluh akibat tidak tercatat sebagai penerima program PKH padahal mereka jika dilihat dan di kroscek ke setiap keluarganya, mereka layak menerima program PKH, dan banyak dari mereka yang berharap dapat menerima program kartu sembako.

Tujuan PKH adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. Dalam jangka pendek program ini bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Kami berharap mudah – mudahan mereka segera tercatat sebagai penerima manfaat bantuan dari pemerintah, kita mencari enclave-enclave, kantong kemiskinan ekstrem dan kemudian kita akan cari jalan keluarnya.


Kami juga berharap kepada pemerintah kabupaten, propinsi juga pemerintah pusat untuk menambahkan program tersebut kepada warga masyarakat yang layak menerima bantuan tersebut.

( Ayi Ardat)

Redaksi BAKIN

Author: Redaksi BAKIN