Kapolsek TPTM Ipda Irwandi H. Turnip SH.MH Melakukan Verifikasi dan Pendinginan Titik Api

IMG 20220525 WA0006
8 / 100

Riau,( Bakinnews ) — Cuaca panas yang ekstrim di Riau telah memunculkan beberapa titik api( hot spot) diriau,Untuk mengantisipasi makin luas dan melebarnya titik api tersebut perlu dilakukan verifikasi dan pemadaman titik api.

Salah satu titik api yang terpantau diriau berada pada koordinat 1.670 lintang utara ,101,169 bujur timur atau tepatnya didaerah RT 10/RW 02 dusun 3 kep labuhan papan kecamatan tanah putih tanjung melawan Rokan Hilir.

Munculnya titik api yang berada diwilayah kerjanya membuat Kapolsek Tanjung Putih Tanjung Melawan (TPTM) melakukan langkah cepat untuk mengantisipasi agar titik api dan karhutla tidak meluas.Dimana Kapolsek TPTM bersama jajarannya pada hari selasa pagi hingga sore mencoba melakuakan verifikasi hot spot dan melakukan pendinginan titik api yang muncul diwilayah hukum Polsek TPTM.

IMG 20220525 WA0009

Menurut Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi melalui Kapolsek TPTM menjelaskan bahwa pada hari ini Polsek TPTM Ipda Irwandi H. Turnip SH.MH melakukan verifikasi dan pendinginan titik api yang muncul.Titik api yang dilakukan pemadaman tersebut berada dilahan milik Ucok rambe yang terdiri atas gambut dan semak belukar.Adapun luas lahan yang mengalami kebakaran seluas setengah hektar.

“Lahan terbakar ini jauh dari akses jalan raya.Karena untuk mencapai lokasi yang terbakar harus menggunakan pompong.Dimana jarak lokasi tersebut lebih kurang 40 KM dari Mapolsek Tanjung Putih Tanjung Melawan.Jadi untuk mencapai titik lokasi perlu usaha ekstra sebab setelah ditempuh dengan motor dan pompong juga harus berjalan kaki sejauh 2 KM untuk bisa sampai dilokasi,ujar kapolsek.

“Pemadaman yang dilakukan oleh para personil polsek TPTM dibantu juga oleh personil dari MPA dan juga personil RPK RUJ.Untuk jumlah personil yang diterjunkan dititik api tersebut adalah 4 orang dari Polsek,5 orang dari MPA dan 15 orang dari RPK.Sedangkam alat yang digunakan untuk verifikasi dan pendinginan titik api tersebut adalah 2 unit Minitracker.Dengan alat dan personil terbatas tersebut bahu membahu mendinginkan titik api yang muncul tersebut,imbuh Kapolsek.

“Berkat usaha keras para personil akhirnya titik api tersebut berhasil dipadamkan.Namun Pihak polsek tetep perlu meningkatkan kewaspadaan dimusim panas akan bisa memantik kemunculan titik api.Saat ini lahan yang terbakar telah dipasang police line.

Selain itu untuk memastikan penyebab kebakaran unit Reskrim Polsek TPTM sedang melakukan penyelidikan agar bisa mengetahui dengan pasti penyebab lahan tersebut terbakar.Selain itu Polsek TPTM juga terus melakukan sosialisai pada masyarakat yang mau mebersihkan lahan tidak melakukan pembakaran apalagi saat musim kemarau”.**

Penulis : AM

Editor : Eman Melayu

Redaksi BAKIN

Author: Redaksi BAKIN