Koramil 02/Kota Lakukan Pendataan RTLH di Kelurahan Kota Tinggi

 

Riau,( Bakinnews ) — Babinsa Kota Baru melalukan pendataan Rumah Tangga layak Huni ( RTLH) yang ada di Kelurahan Kota Tinggi, Pendataan sebagai bentuk peran aktif Koramil 02 dalam menjalankan program pemerintah.

Dalam pendataan ini ada beberapa komponen yang jadi penilaian diantaranya adalah keberadaan jamban atau wc yang layak dan juga septic tank yang memadai.

Pendataan RTLH dilakukan oleh Babinsa Kota Tinggi pada hari Selasa (24/10), Tujuan dari program ini adalah agar setiap rumah tangga yang ada di kelurahan Kota Tinggi memiliki standar kesehatan yang memadai, Agar lingkungan juga bisa menjadi sehat.

Saat pendataan Babinsa didampingi oleh Ketua LPM,Bhabinkamtibmas,Ketua RT,Ketua RW dan petugas kesehatan.

Menurut Sertu Riko Hidayat pendataan ini sebagai langkah TNI ikut serta dalam mensukseskan program RTlH dari pemerintah.

Selaku ujung tombak dari pembinaan teritorial sudah seharusnya babinsa yang terjun langsung ditengah tengah masyarakat dalam menjalankan program tersebut.

“Hari ini personil Koramil 02/Kota melakukan pendataan Rumah Tangga Layak Huni.(RTLH) yang juga merupakan program pemerintah.

Setiap keluarga harus memenuhi standar rumah tangga layak huni.Ini penting demi menjaga kesehatan keluarga dan juga kesehatan lingkungan,”ujar Sertu Riko Hidayat.

“Dalam pendataan ada beberapa point yang jadi acuan dari program RTLH diantaranya sumber air bersih,keberadaan jamban dan juga septic tank.Komponen komponen tersebut harus dimiliki setiap rumah tangga.

Ini merupakan faktor penting dari kesehatan orang orang yang ada dalam rumah tersebut.”

“Jika nanti ditemukan rumah tangga yang belum memiliki standar RTLH mak babinsa bersama perangkat lingkungan akan mencoba mencarikan solusi dan juga menghimbau rumah tersebut untuk segera memenuhi standar tersebut.

Sebab ini bukan hanya akan mengganggu penghuni rumah tapi juga akan ikut mempengaruhi lingkungan sekitar,”tutup Sertu Riko Hidayat.**

 

Penulis : Amrizal

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Wa. Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *