Koramil Kota/02 Minta Masyarakat Selalu Jaga Toleransi Beragama

Riau,( Bakinnews ) — Sikap toleransi beragama sangat penting ditanamkan dalam masyarakat, Hal itu bertujuan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik indonesia.

Tugas yang cukup berat bagi seorang babinsa dalam pembinaan wilayah,namun bukan berarti tidak bisa.

Sikap tersebut juga tertanam dalam diri Kopda Ario Diansyah selaku Babinsa Simpang Empat koramil 02/kota.Sebagai seorang prajurit sudah menjadi tanggung jawabnya dalam melakukan pembinaan dan menanamkam sikap toleransi.

Seperti yang dilakukan dalam komunikasi sosial di Mesjid Al Falah Darul Muttaqin jalan Siberut pada hari Selasa(12/9).

Dalam komsos tersebut Kopda Ario Ds menghimbau masyarakat agar tidak mudah terpecah belah cuma karena perbedaan keyakinan.Hadir dalam komsos tersebut ketua RW,Ketua RT,Tokoh masyarakat dan juga para jamaah mesjid.

Menurut Kopda Ario nilai nilai toleransi ini sejak nenek moyang sudah ada.Negara ini dibentuk dengan keberagaman dan toleransi termasuk toleransi beragama.

“Sikap toleransi sangat penting ditanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sikap itu akan menghindari dari perpecahan, dengan toleransi berarti kita telah menghormati perbedaan yang ada”.

“Sejak awal negara ini dibentuk dengan kemajemukan.Setiap perbedaan yang ada dirangkai jadi satu kesatuan yang utuh sehingga menjadi kekuatan,”Bahkan dalam pancasila kalimat tersebut juga dicantumkan “Bhineka tunggal Ika(berbeda beda tapi tetap satu),”ujar Kopda Ario.

“Begitu juga dengan keyakinan Negara sudah mengakui 6 agama yang resmi, Oleh karena itu perlu saling menghormati dan menghargai keyakinan masing masing.

Soal pilihan agama adalah hak azazi masing masing.Jadi tidak perlu dipertentangkan.”

“Biarlah setiap orang punya keyakinan masing masing dan beribadat sesuai agamanya tersebut, Namun jangan sampai karena berbeda keyakinan membuat kita tidak mau berteman dan bergaul dengan yang berbeda agama.

Sebab soal agama dan pergaulan itu adalah dua hal yang berbeda”,imbuhnya

“Indonesia jadi besar karena dibingkai oleh beragam perbedaan baik suku,ras,dan agama.

Perbedaan tersebutlah yang menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat,sebab sejak dulu kita menghormati perbedaan tersebu,Tentu hal itu harus terus dipertahankan dan ditingkatkan,tegas Babinsa Simpang Empat.

“Soal ibadah yang berbeda dan haru raya yang berbeda adalah hal lumrah.Sebab semua diakui dan diakomodir oleh negara, Jadi kita juga harus menghormati dan mengakui perbedaan tersebut.”

“Tetap perkuat dan perkokoh persatuan dan kesatuan, Tanamkan sikap toleransi sejak dini agar tidak mudah diprovokasi oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Tugas kita sebagai warga negara adalah selalu menjaga keutuhan dan keamanan serta ketentraman dimasyarakat,”tutup Kopda Ario Ds. **

 

Penulis : Amrizal

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *