GTI Apresiasi Kinerja Kapolsek Likupang yang Gencarkan Program Kasih Presisi

SULUT,( Bakinnews ) — Garda Timur Indonesia(GTI ) mengapresiasi langkah Kapolsek Manase yang menyelesaikan masalah penganiayaan antar saudara melalui jalur Restorasi justice.

Upaya ini sebagai salah satu program unggulan “Kasih Presisi” Polres Minahasa Utara.Sebuah program yang mengupayakan langkah persuasif dalam penegakan hukum.

Permasalahan hukum ini berawal dari kejadian pengeroyokan yang melibatkan anggota LSM GTI.

Korban dianiaya oleh keluarga dekatnya dan juga menggunakan senjata tajam.Korban merupakan warga desa Tambuasing sedangkan pelaku merupakan warga desa Paputungan kecamatan Likbar.

Guna mencari penyelesaian kasus tersebut Polsek Likupang berupaya melakukan jalur Restorasi Justice sebelum tindak lanjut jalur hukum.

“Kedua belah pihak dipertemukan oleh Kapolsek Likupang di ruang kerjanya pada hari Senin (7/8).Dari pertemuan ini diharapkan tidak ada persoalan lain dikemudian hari.

Apa yang telah dilakukan oleh Kapolsek Likupang AKP Manase Sasikome sangat diapresiasi oleh pihak keluarga dan juga LSM GTI.

Menurut mereka upaya ini sebagai sebuah bentuk penyelesaian secara kekeluargaan sebelum masuk kejalur hukum.Sebuah upaya responsif atas situasi dengan cepat dan tepat.

Menurut Sekjend DPP GTI Firman Ari Subekti S.pd langkah yang dilakukan Polsek Likupang sudah sangat tepat.

Dirinya juga menyampaikan bahwa atas nama Roki Palumbara salah seorang anggota LSM GTI berterima kasih atas upaya yang telah dilaksanakan oleh Kapolsek likupang.

“Sebagai sebuah organisasi GTI akan terus bertanggungjawab atas semua persoalan anggotanya baik itu yang terkena musibah atau mereka yang mengalami permasalahan.

“Kami keluarga besar garda Timur Indonesia sangat mengapresiasi Polsek Likupang yang dengan cepat mengatasi permasalahan ini supaya tidak terulang lagi.Beruntung dalam permasalahan kali ini tidak ada korban jiwa,”ujar Firman.

Saat awak media mengkonfirmasi hal ini pada Kapolres Minahasa Utara (Minut) AKBP Bambang Yudi Wibowo Melalui Kapolsek Likupang AKP Manase Sasikome menyampaikan bahwa benar permasalahan penganiayaan antara korban dengan Erwin dan teman teman telah diselesaikan secara kekeluargaan.

Kedua belaj pihak sepakat hal ini diselesaikan secara damai melalui jalur restorasi juctice.Kedua belah pihak tidak berkeinginan membawa masalah ini melalui jalur hukum.

“Kedua belah pihak telah mencapai kata sepakat untuk bisa melakukan mediasi agar masalah ini diselesaikan melalui “Program Kasih Presisi”.Program ini adalah upaya menyelesaikan persoalan persoalan dimasyarakata secara kekeluargaan.

Apalagi Kapolri juga berharap tidak semua masalah hukum harus melalui proses hukum.Namun upaya pertama harus bisa dilakukan upaya Restorasi Justice sebelum ditempuh jalur hukum.”

“Saya berharap program Kasih Presisi ini bisa terus dilaksanakan untuk masalah masalah perselisihan ditengah tengah dimasyarakat.

Kepada seluruh personil juga diminta untuk dapat menjalankan program Kasih Presisi ini secara baik dan benar ditengah masyarakat.

Begitu juga masyarakat kecamatan Likupang agar terus saling mengasihi satu sama lain supaya suasana kondusif dan damai terus terbina di Likupang.”**

 

Penulis : Sufaldi Tampilang

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *