Babinsa Sumahilang Laksanakan Normalisasi Drainase Jalan Hangtuah

 

Riau,( Bakinnews ) — Dalam rangka berperan aktif membantu Pemko Pekanbaru mengatasi banjir,personil Koramil 02/kota melaksanakan kegiatan karya bakti ( Corve ) membersihan drainnase dan jalan di kelurahan Sumahilang.

Kegiatan pembersihan drainase parit dan jalan Hangtuah dilaksanakan pada hari Kamis (1/6).

Turut dalam kegiatan pembersihan tersebut Ketua RW 04 H.Jasrul Ketua RT 03 Merdenis dan.Pasukan Kuning Dinas PUPR serta masyarakat sekitar.

Saat Karya bakti pembersihan dan normalisasi drainase terlihat Sertu Khairuddin tetap semangat melaksanakan gotong royong meskipun dalam keadaan cuaca sangat terik.

Selain itu Sertu Khairuddin
tanpa ragu terjun langsung kedalam parit parit yang terlihat telah mampet dan digenangi air yang menghitam.

Sebuah bentuk moril ikut turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan di wilayah kerjanya.

Semua itu dilakukan agar memberikan kenyamanan dan ketenangan warga kelurahan Kota Tinggi Kecamatan Pekanbaru Kota.

Menurut Sertu Khairuddin kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian TNI dan juga bentuk nyata TNI hadir ditengah tengah masyarakat.

Sebagai babinsa harus cepat dan tanggap mengatasi semua persolan dimasyarakat yang bisa menggangu stabilitas hankam.Salah satunya mengantisipasi banjir dikarenakan penyumbatan drainase.

“Sebagai garda satuan teritorial TNI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat babinsa harus sensitif dengan keadaan dilingkunganya.

Seorang Babinsa juga harus punya kemampuan sebagai Inovator Pembangunan.

Kemampuan itu mengharuskan Babinsa untuk dapat menterjemahkan program pembangunan daerah dengan bahasa yang sederhana serta menggugah keinginan dan keikutsertaan masyarakat dalam bidang pembangunan sesuai keinginan pemerintah”

“Terkhusus untuk kota pekanbaru saat ini program pemerintah salah satunya mengatasi banjir.Tentu program ini perlu digaungkan kepada masyarakat.

Salah satu metode yakni langsung ikut serta menyukseskan program pemko tersebut melalui kerja sama dengan Dinas PUPR.”

“Jalan dan parit jalan Hangtuah sudah cukup lama tidak dikeruk Saat hujan melanda kawasan ini sering terjadi banjir yang mengakibatkan masyarakat menjadi menderita, Tentu harus ada solusi dalam mengatasi masalah ini”

“Keadaan ini dipicu oleh banyaknya parit yang telah tersumbat dan pendangkalan sehingga parit tidak bisa lagi berfungsi mengalirkan air.Penyumbatan ini diakibatkan dari banyaknya tumpukan pasir dan juga sampah.

Penyebab lain adalah adanya penyemenan parit sepanjang jalan yang dilakukan pemilik ruko sehingga air tidak mengalir dengan baik”.

“Agar masalah ini bisa sedikit terurai personil koramil 02/kota bersama pasukan kuning dan masyarakat mencoba untuk melakukan pembersihan dan pengerukan dengan bergotong royong.

Sampah sampah yang menumpuk dikumpulkan dan dibuang.Pasir yang mengendap karena terbawa air dikeluarkan dari parit.Selain itu rumput yang tumbuh didalam dan sekitar parit dibersihkan.”

“Harapannya dengan telah dibersihkan parit di kelurahan Kota tinggi bisa membuat masyarakat sedikit tenang menghadapi musim penghujan.

Kegiatan seperti ini akan selalu dilaksanakan oleh personil Koramil 02/kota meskipun ditempat yamg berbeda.

Sebab selain membantu masyarakat kegaiatan ini juga bentuk peran aktif TNI mensukseskan program pemerintah kota Pekanbaru,tutup Sertu Khairuddin.**

 

Penulis : Amrizal

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Wa. Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *