Kapolres Kampar Sambut Kedatangan Tim Audit Kinerja Tahap I T.A. 2023 dari Itwasda Polda Riau

 

Riau,( Bakinnews ) –– Kedatangan Tim Audit kinerja itwasda Polda Riau tahap I tahun 2023 disambut hangat oleh Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo S.I.K didampingi pejabat Utama Polres Kampar, Kamis (16/3/2023) sekira pukul 08.30 wib.

Kegiata ini di adakan di aula Sanika Satyawada lantai dua Polres Kampar serta hadiri oleh Pejabat Utama Polres Kampar, Para Kapolsek Jajaran Polres Kampar, Kaurmin Bag, Sat, Si Polres Kampar.

Tim Itwasda Polda Riau dipimpin langsung Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah SH SIK MH dan di dampingi oleh ketua tim Kombes Pol Azam Himawan SIK dan sebagai Wakil Ketua AKBP Gunar Rahadiyanto SIK, MH serta Anggota Tim Irwasda Polda Riau.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didik Priyo Sambodo SiK menyampaikan Kegiatan Audit Kinerja Itwasda Polda Riau Tahap I Aspek Pelaksanaan Dan Pengendalian T.A 2023 Dalam Suasana Khidmat, Tertib Dan Lancar Yang Akan Dilaksanakan Pada Hari Kamis S.D Sabtu Tanggal 16 S.D 18 Maret 2023

Kegiatan Audit Kinerja Itwasda Polda Riau Yang Dilakukan Merupakan Kegiatan Rutin Dilakukan Setiap Tahunnya Untuk Mengetahui Rencana Kerja Dan Pengorganisasian Selama Kurun waktu satu tahin yang akan datang tahun 2023.

Audit kenerja tahap I bertujuan untuk sejauh mana perencanaan pergorganisasian program dan anggaran polres dan polsek telah disusun secara baik efektif dan efesien berdasarkan sumber daya yang dimiliki dan mempertimbangkan aspek resiko yang mungkin akan terjadi.

Oleh karna itu audit bertujuan memberikan kepastian, keyakinan serta penjamaninan yang memadai atas penyelenggaraan perencanaam dan pengorganisasian tugas dan fungsi satuan kerja polres dan polsek.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan intetnal kegiatan perencanaan dan pengorganisasian yang akan dilakukan oleh polres kwlpar yaitu bidan perencanaan RKA KL TA 2023.

Tindak lanjut temuan audit kinerja itwasda polda riau rencana strategis, TOR, RAB Rancangan Kerja, Rencana penarikan dana, Progiat, rencana pelatihan, rendin BBM, LKIP, Rencana aksi perioritas polri.

Sedang bidang pengorganisasian realiasasi jabaran tugas sampai unsur pelaksana, HTCK, KEP dan Sprin Penunjuk PPK, Penandatangan SPM, Pejabat Pengadaan, Sprin Panitia Pokja Sprin Bendahara Penerima dan Pengeluaran.

“Adapun penekan dari saya agar para kabag, kasat, kasi dan kapolsek serta kanit untuk mengikuti kegiatan ini dan selalu mendapingi para paur min, kaur mintu serta kasium polsek dalam pelaksanaan kegiatan audit kinerja itwasda polda riau dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh tim.” Ucap AKBP Didik

Sementara itu sambutan Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah SH SIK MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Kampar dan jajaran atas sambutan serta kesiapan penyelenggaraan Audit Kinerja di Polres Kampar.

Audit Kinerja merupakan proses Identifikasi masalah, analisis dan evaluasi yang dilakukan secara Indenpenden, Objektif dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan serta pelaksanaan audit kinerja Tahun 2023 harus selaras dengan program Kapolri yaitu Transformasi menuju Polri yang Presisi ( Prediktif, Responsibilitas dan Transparanasi Berkeadilan ).

Adapun Sasaran prioritas Itwasda Polda Riau tahun 2023 adalah terlaksananya kegiatan audit Kinerja untuk seluruh Satker dan Polres Polda Riau.

pada tahap I yaitu Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian serta tahap II yaitu aspek pelaksanaan dan pengendalian dan Audit Tahap I bertujuan untuk mengawal prencanaan program dan kegiatan sejak dari penyusunan Dokumen, rencana kebutuhan dalam mengorganisir personel, Logistik, anggaran untuk mencapai tukuan organisasi.

Secara umum obyek audit telah berupaya secara optimal menyelenggarakan proses Manajemen di satuan kerja agar program dan anggaran dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana kerja yang telah di susun dan atas laporan keuangan Polri tahun 2022.

BPK RI kembali memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) yang merupakan Opini terbaik yang diberikan oleh BPK RIB, Polri berhasil mempertahankan prestasi tersebut secara berturut – turut selama 10 tahun terakhir sejak tahun 2013.

Tim Itwasda Polda Riau sebagai aparat pengawasan Internal Pemerintah di lingkungan Polda Riau siap memberikan konsultasi dan asistensi kepada seluruh Satker dan Polres yang mendapatkan kesulitan dalam menjawab tindak lanjut terhadap Rekomendasi Itwasda Polda Riau.

Serta Kerjasama dan saling keterbukaan antara Auditor dengan Auditi sangat diperlukan, sehingga kehadiran Tim Audit dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perbaikan pelaksanaan program kegiatan.

“Termasuk perencanaan dan penggunaan anggaran sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran negara.

Semua akan diperiksa oleh Tim audit. Jika ada ketidak sesuaian akan dijadikan temuan untuk diperbaiki kedepan,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemdalaman pemeriksaan bagsat dan Sie serta Polsek jajaran.**

 

 

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *