LBH SIB Perjuangkan Hak-hak EX Anggota Satpam PT. SPD

              Bakinnews.co.id, JAKARTA. Sejumlah ex anggota Satpam BUJP PT. Security Phisik Dinamika ( SPD ) yang beralamatkan di Jl. Margasatwa No. 45, pondok labu, cilandak jakarta selatan.
pada saat mereka melamar di perusahaan tersebut diwajibkan untuk menyerahkan Ijazah asli pendidikan umum ( Ijazah SMA/Sederajat ), di dalam kontrak pada saat itu anggota satpam yang sudah menyelesaikan kontrak selama 1 tahun dapat mengambil ijasahnya tanpa syarat apapun. Namun ketika karyawan tersebut sudah menyelesaikan kontrak 1 tahun bahkan lebih tidak pernah dapat mengambil ijasah umum mereka. Justru Ex anggota satpam ingin mengambil kembali Ijazah mereka oleh pihak managemen diminta untuk membayar sejumlah uang antara Rp. 3.750.000 s/d Rp. 5.000.000 dengan alasan untuk biaya selama pendidikan dasar sertifikasi Satpam sebelum penempatan kerja.

Pada kenyataannya PT. SDP telah melakukan pemotongan gaji setiap bulan selama satu tahun awal untuk biaya pendidikan sertifikasi tersebut dan beberapa ex anggota satpam mengaku sudah membayar biaya pendidikan sertifikasi satpam tersebut.

Anjis Bambang Saputra, SH sebagai Advokat Kepala Deputy Penyelesaian Bidang hukum Ligitasi diberi mandat oleh ketua umum LBH SIB Bapak Dr (c) I MADE SUBAGIO, SH., MH, Untuk menerima kuasa dari kurang lebih 30 orang ex anggota Satpam PT Security Phisik Dinamika ( SPD ) untuk mendapatkan bantuan hukum terhadap kasus tersebut.

Tanggal 13 Februari 2023 team kuasa hukum LBH SIB di dampingi oleh rekan-rekan dari media Pers langsung bergerak menuju kantor pusat PT. SPD untuk mengkonfirmasi masalah tersebut, kami diterima oleh HRD dan Legal PT. SPD, dengan perdebatan yang sangat panjang pada akhirnya 5 ijasah umum di serahkan malam hari kepada ex anggota satpam PT. SPD dengan kreteria kesepakatan yang diberikan adalah yang mengikuti pendidikan sertifikasi di pusdik internal gedung tranka lapangan goro pasar minggu pada tahun 2000 sampai dengan awal 2011 dan yang pendidikan sertifikasi di pusdik citereup pada tahun 2011 akan dibicarakan lebih lanjut. sesuai dengan yang diungkapkan oleh pimpinan PT. SPD Muhammad Ali Ahmad.

Tanggal 16 Februari 2023 kami kembali ke kantor pusat PT. SPD bersama pemberi kuasa ex anggota satpam PT. SPD dari dalam dan luar kota, di dampingi oleh rekan-rekan media Pers untuk mempertanyakan komitmen kesepakatan pimpinan tertinggi PT. SPD Muhammad Ali Ahmad yang sudah diucapkan pada tanggal 13 Febuari 2023 yaitu dibebaskannya ex anggota satpam yang ditempatkan/ditugaskan di PT. lion air bandara internasional soekarno hatta jakarta dari seluruh biaya. Komitmen kesepakatan pimpinan tertinggi PT. SPD tersebut di saksikan dan di dengar langsung oleh rekan-rekan dari media Pers. Akan Tetapi upaya kami selaku kuasa hukum kembali gagal karena pihak PT. SPD tidak mau mengeluarkan Ijazah ex karyawannya itu dengan alasan harus tetap membayar sejumlah uang tersebut dengan alasan sudah menjadi peraturan perusahaan.

Pada tanggal 21 Februari 2023 LBH SIB melayangkan Surat Somasi kepada PT. SPD yang di terima langsung oleh ahmad sebagai biro hukum. Dalam waktu 2×24 jam tidak ada tanggapan yang baik dari PT. SPD dengan surat somasi tersebut.

Sehingga pada tanggal 23 February 2023 LBH SIB memutuskan untuk membuat laporan Kepolisian di Polda Metro Jaya dengan Nomor LP : STTLP/B/1010/II/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA, Tanggal 23 Febuari 2023, Dengan Tindak pidana penggelapan pasal 372 KUHP kepada Muhammad Ali Ahmad selaku pimpinan tertinggi pada PT. SPD.

Jurnalis : Dicky S

Redaksi
Author: Redaksi

9 thoughts on “LBH SIB Perjuangkan Hak-hak EX Anggota Satpam PT. SPD

  1. Saya juga ex spd.. Cukup ribet masalah pengambilan ijazah..saya di haruskan membayar 3.7 juta.. Padahal saya sudah mengabdi selama 6 tahun di pt.spd.

  2. mari kita bersatu,saling bahu membahu bantu rekan² kita yg tertindas kita satuan pengaman yg dilindungi UU profesi yg mulia MARI KITA BER
    JUANG BERSAMA TUJUAN YG MULYA ATAS NAMA KESEJAHTERAN BERKEADILAN

  3. LBH Satpam Indonesia Berkeadilan,.
    Melayani Dengan Profesional, Proporsional, Integritas, Dedikasi, dan Taat Hukum.

  4. Luar biasa, akhirnya ada juga pembela satpam yang bekerja luar biasa tanpa melihat kawan dekat atau tidak. LBH SIB majur terus perjuangan hak hak security dan mendukung program Mabes Polri untuk pemuliaan satpam dengan langkah kongkrit. Salam sukses selalu Satpam Indonesia, sudah waktunya satpam diperlakukan professional bukan lagi pake kompas kompasan dalam merekrut satpam. Terima kasih LBHSIB

  5. Mohon pencerahannya untuk kasus tersebut sudah masuk persidangan apa masih berjalan dipolda metro apa sudah ada keputusan final persidangan 🙏

  6. Terimakasih Bakinnews.co.id telah mengawal kasus yang menimpa rekan Satpam Ex.PT.SPD,semoga LBH SIB dapat bersinergi dalam memperjuangkan hak-hak hukum klien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *