Serda Feri : Penguasaan Teritorial Penting Bagi Seorang Bhabinsa

 

 

Riau,( Bakinnews ) — Untuk memaksimalkan tugasnya seorang Bhabinsa perlu untuk mengetahui teritorial daerah binaannya.

Penguasaan wilayah sangat penting oleh seorang Bhabinsa bisa memahami segala unsur potensi wilayah geografi, demografi dan kondisi sosial demi terciptanya suatu kekuatan kewilayahan sebagai ruang alat dan kondisi juang yang tangguh dalam mengatatasi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap kelangsungan hidup bangsa dan negara serta jalannya pembangunan nasional.

Guna memudahkan tugas tersebut Serda Feri didampingi oleh Serda Sumarsono melakukan komunikasi sosial kekantor Lurah Kota Baru kecamatan Pekanbaru Kota Propinsi Riau.

Kedatangan Serda Feri pada hari Jumat (10/3) disambut langsung oleh Sekretaris Lurah Kota baru Arifah S.Sos. bersama para staf.

Mereka menyambut hangat kedatangan Serda Feri yang akan menunaikan tugas sebagai Bhabinsa di kelurahan mereka.

Menurut Serda Feri tujuannya datang kekantor lurah selain guna memperkenalkan diri dan silaturahmi dengan pemerintahan setempat yakni kelurahan.

Selain itu tujuannya datang kekantor Lurah juga demi lebih menguasai teritorial daearah binannya.

Selaku bhabinsa Serda Feri perlu melengkapi data-data RT RW serta kondisi geografi, demografi,dan kondisi sosial di Kelurahan Kota Baru.

“Sebagai unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan “PEMBINAAN TERITORIAL (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan maka sudah seharusnya bisa menguasai daerah binaan.

Sebagai Bhabinsa yang baru ditunjuk bertugas di Kota Baru maka sudah seharusnya mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kondisi geografi, demografi,dan kondisi sosial di Kelurahan Kota Baru termasuk tentang RT dan RW disini.

Komunikasi sosial adalah salah satu langkah dalam memperoleh informasi

“Salah satu langkah yakni melakukan komunikasi sosial kekantor lurah.

Selain memperkenalkan diri dan silaturahmi,kedatangan hari ini sebagai langkah pengumpulan data tersebut.

“Sebagai ujung tombak dari TNI ada,dalam menunaikan tugas akan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Bhabinsa memiliki tanggung jawab penuh dalam pembinaan masyarakat melalui penyuluhan di bidang pertahanan dan keamanan (Hankam) dan pengawasan fasilitas maupun prasarana didaearah binaan.

“Jatidiri seorang TNI akan sangat melekat pada dada seorang prajurit kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan bagian dari roh serta jiwanya.

Bhabinsa yang merupakan bagian dari tugas utama seorang TNI diselenggarakan dengan sangat professional sebagai bagian dari panggilan tugas agar bisa menjaga keutuhan NKRI,Tujuan utama TNI adalah melindungi seluruh anak anak bangsa.”

“Oleh karena beratnya beban tugas dan tanggung jawab tersebut perlu untuk menguasai wilayah binaan.

Tujuan agar nanti saat bertugas bisa mengetahui potensi yang dimiliki wilayah dan juga mencari informasi daerah daerah rawan permasalahan agar bisa dicarikan solusi.”

“Alhamdulillah kedatangan kami disambut baik oleh pihak kelurahan.

“Segala bentuk informasi yang dibutuhkan saat bertugas nanti telah diperoleh dari pihak kelurahan.Semoga semua informasi ini bisa berguna saat menjalankan tugas nanti”

“Selaku Bhabinsa yang baru saya akan cobo untuk mempelajari dan menguasai semua potensi daerah binaan.

Selain itu juga akan mencoba meminta masukan dari pihak kelurahan,tokoh masyarakat,tokoh agama dan termasuk pada babinsa yang bertugas di Koramil 02/Kota.

Moga dari masukan,saran dan ide dari semua pihak membuat saya bisa menjalankan amanah selaku Bhabinsa dengan baik,”tutup Serda Feri.**

 

Redaktur: Amrizal

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Wa. Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *