Babinsa Sumahilang ikuti Pelatihan Teknis Teritorial Dari Kodim 0301 Pekanbaru

 

Riau,( Bakinnews ) — Babinsa Sumahilang Sertu Khairudin mengikuti kegiatan Pelatihan Teknis Teritorial.Pelatihan teknis ini diadakan di Aula Markas Ko mando Distrik Militer 0301 Pekanbaru.

Tujuan dari Kodim 0301 Pekanbaru melaksanakan kegiatan ini agar para Babinsa bisa memahami tugas tugasnya diwilayah masing masing.

Kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai pada hari Senin 6 maret dan berakhir pada Rabu 8 maret 2023.Pembekalan bagi para babinsa ini disampaikan oleh Kapten (Arm) febrizal dan Kapten (Cba) Y Zebua.

Latihan teknis ini sangat penting untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam mendukung tugas teritorial di wilayah kota Pekanbaru.

 

Babinsa memiliki tanggung jawab penuh dalam pembinaan masyarakat melalui penyuluhan di bidang pertahanan dan keamanan (Hankam) dan pengawasan fasilitas maupun prasarana diwilayah kerjanya.

Adanya babinsa dapat meringankan tugas beban masyarakat. Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan PEMBINAAN TERITORIAL (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan.

Di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan BINTER sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

Di era reformasi seperti saat ini, disamping kemampuan yang telah dimiliki para Babinsa masih perlu diberikan pelatihan dan pendidikan khusus bidang teritorial, maupun penataran-penataran dan lain sebagainya.

Agar mereka dapat melaksanakan tugas kegiatan Binter di wilayah tanggung jawabnya dengan baik.

Sadar akan besarnya tugas serta peran Babinsa, Kodim 0301 kembali memberikan pelatihan kepada para babinsa.

Pelatihan ini penting agar tugas yang telah diamanatkan undang undang dan sumpah prajurit dapat dijalankan secara baik..Apalagi dinamika dan kompleksitas persoalan ditengah tengah masyarakat sangat beragam.

Tentunya diharapkan seorang Babinsa mempunyai inovasi dan kemampuan untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Seorang babinsa akan terus dihadapkan dengan permasalahan yang ada dimasyarakat.

Selain menjaga keutuhan NKRI seorang babinsa juga harus dapat menyelesaikan masalah sosial lainnya seperti kerukunan antar suku,ras dan agama.Belum lagi tugas untuk menjaga suasana kondusif diwilayahnya dari semua bentuk gangguan dan ancaman.

Tidak ketinggalan seorang babinsa juga dituntut dapat membantu pemerintah dalam menyukseskan semua program programnya,baik itu program pusat dan daerah.

pembekalan latihan teknis teritorial nantinya diharapkan agar Babinsa bisa melakukan inovasi dan mencari solusi terbaik.Kodim 0301 Pekanbaru ingin agar seluruh babinsa bisa menjalankan fungsi pembinaan toritorialnya secara maksimal.

Jadi kehadiran babinsa benar benar sebagai solusi ditengah tengah masyarakat kota Pekanbaru.**

Redaktur : Amrizal

Eman Melayu
Author: Eman Melayu
Pemimpin Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *